Soto Ayam santan susu khas Jakarta

Soto Ayam santan susu khas Jakarta. Soto merupakan salah satu kuliner Indonesia khas nusantara yang memiliki banyak varian berbeda hampir di tiap daerah di Indonesia khususnya untuk menu soto ayam. Keberagaman aneka soto di Indonesia ini menjadikan cara membuat soto yang ada di tanah air juga. Soto betawi terkenal akan penggunaan santan, tetapi kamu bisa mengganti santan dengan susu.

Soto Ayam santan susu khas Jakarta Hampir setiap daerah memiliki ciri khas soto sendiri-sendiri. Bahan utama soto ayam santan enak khas banjar yakni daging ayam, kalau ingin cita rasa asli seperti daerah asalnya sih disarankan untuk menggunakan daging ayam kampung, namun dengan ayam potong biasa juga boleh kok, nggak ada larangan lho. Yang paling penting adalah mencoba membuat. You can have Soto Ayam santan susu khas Jakarta using 29 ingredients and 7 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Soto Ayam santan susu khas Jakarta

  1. It's 1/2 kg of dada daging ayam.
  2. It's 1/2 kg of Kentang.
  3. It's 1 of santan kara.
  4. It's 200 ml of susu murni.
  5. Prepare secukupnya of Air.
  6. It's of Garam.
  7. It's of Royco rasa ayam.
  8. You need of Lada.
  9. You need of Gula putih.
  10. Prepare of Bumbu ulek.
  11. Prepare 6 siung of bawang merah.
  12. You need 4 siung of bawang putih.
  13. It's 1 ruas of kunyit.
  14. It's 4 of kemiri.
  15. You need 1 ruas of laos geprek.
  16. It's 2 buah of sereh buang ujungnya geprek.
  17. Prepare 3 of salam.
  18. You need 3 of daun jeruk.
  19. Prepare of Bahan tambahan.
  20. It's iris of Bawang daun.
  21. Prepare of Bawang goreng.
  22. You need of Kecap manis.
  23. You need of Kerupuk emping.
  24. It's of Bahan acar.
  25. It's 3 buah of mentimun dibuang bagian dalam dan bijinya potong dadu.
  26. It's 4 buah of wortel yang kecil bersihkan kemudian potong dadu.
  27. You need of Jeruk lemon.
  28. You need 3 siung of bawang merah potong dadu.
  29. Prepare 3 buah of cabe rawit atau sesuai selera.

Resep soto ayam betawi asli pakai susu maupun santan yang enak dan gurih komplit Resep soto betawi asli menggunakan susu cair segar. Inilah petunjuk lengkap cara membuat Ada juga resep semur khas betawi yang juga cukup terkenal dan enak rasanya yakni resep semur daging betawi. Betawi atau kota jakarta bukan hanya terkenal dengan masakan soto kuah kental saja, namun juga. Seperti soto yang terdapat di Jawa, soto Medan juga menggunakan daging ayam sebagai bahan dasar.

Soto Ayam santan susu khas Jakarta instructions

  1. Potong ayam beberapa bagian cuci kemudian taburi garam, tunggu sekitar 15 menit, goreng ayam sampai matang kecokelatan,kemudian suir2 ayamnya.
  2. Potong dadu kentang bersihkan kemudian goreng sampai matang.
  3. Haluskan bumbu halus, tumis bumbu halus beserta salam,sereh,daun jeruk dan laos sampai wangi..setelah tercium matikan kompor.
  4. Rebus air secukupnya, masukkan tumisan bumbu, santan,susu murni, garam, lada, gula putih,royco aduk2 sampai mendidih kemudian cek rasa,terakhir masukan irisan daun bawang.
  5. Penyajian nya suir2 ayam dan goreng kentang ditata di mangkuk kemudian disiram dengan kuah sotonya, klo saya biar tidak ribet, setelah kuah soto mendidih saya masukkan suiran ayam dengan tulang2nya dan kentang setelah tercampur rata matikan kompor.
  6. Acar : campur semua bahan acar kucuri dengan jeruk lemon sesuai selera keasamannya kemudian beri garam dan gula putih secukupnya.
  7. Sajikan soto santan susu dengan nasi panas, acar, kecap dan kerupuk emping.

Keduanya juga menggunakan kunyit sehingga kuahnya berwarna kuning. Bedanya, soto Medan menggunakan santan sehingga tekstur kuahnya lebih kental dan berwarna kuning pekat. Cobain nich resep soto ayam kuning tanpa santan berikut. Masukan ke dalam kuah rebusan ayam dan aduk merata. Soto ayam khas dari medan biasanya di lengkapi dengan tomat dan juga telur rebus sesuai dengan selera.

0 Response to "Soto Ayam santan susu khas Jakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel