Sambal Goreng Ati Ampela Ayam

Sambal Goreng Ati Ampela Ayam. Sambal goreng ati ampela pedas. foto: Instagram/@doctordailykitchen. Sajian sambal goreng memang cocok dipadukan dengan bahan yang bercitarasa khas dan kuat, seperti hati ampela ayam ini. Sebelum digoreng dengan sambal, hati ampela harus direbus dulu hingga empuk dan hilang bau tak sedapnya.

Sambal Goreng Ati Ampela Ayam Cara membuat sambal goreng ati ini cukup mudah dan gampang diikuti kok. Biasanya sambal goreng ati ampela jadi pendamping sempurna untuk makanan berkuah santan. Misalnya lontong sayur hingga opor ayam yang biasa hadir dalam perayaan besar. You can have Sambal Goreng Ati Ampela Ayam using 18 ingredients and 9 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Sambal Goreng Ati Ampela Ayam

  1. It's 500 gram of ati dan ampela ayam.
  2. It's 2 buah of kentang ukuran sedang.
  3. It's 2 buah of wortel ukuran sedang.
  4. It's 65 ml of santan instan (bisa diganti santan dari kelapa parut).
  5. It's 1 batang of sereh, ambil putihnya, ikat simpul, geprek.
  6. You need 1 ruas of lengkuas, geprek.
  7. It's 3 lembar of daun salam.
  8. It's 1 1/2 sdt of garam.
  9. Prepare 1 sdt of kaldu bubuk.
  10. It's 200 ml of air.
  11. Prepare 300 ml of minyak goreng untuk menggoreng dan menumis bumbu.
  12. It's of Bumbu Halus.
  13. It's 5 siung of bawang merah.
  14. Prepare 4 siung of bawang putih.
  15. You need 5 buah of cabe keriting.
  16. You need 3 buah of cabe rawit.
  17. Prepare 3 buah of kemiri.
  18. You need 1 sdm of gula merah sisir.

Namun, sambal goreng ati juga cocok dijadikan lauk harian pendamping nasi. Untuk anda yang ingin segera mencoba resep sambal goreng kentang ati ampela ini sebaiknya pribadi saja mempraktekannya di rumah. Sehingga nantinya anda sanggup tahu apakah sudah lezat atau belum dan saat lebaran nanti anda sudah sanggup menyajikan opor ayam dan sambal goreng. Resep Masak Sambal Balado Ati Ampela Dapurharian.

Sambal Goreng Ati Ampela Ayam instructions

  1. Siapkan bahan-bahannya..
  2. Kupas wortel dan kentang, cuci bersih, potong bentuk dadu (ukuran sesuai selera aja)..
  3. Goreng wortel dan kentang hingga setengah matang atau berkulit. Angkat, sisihkan..
  4. Cuci bersih ati dan ampela ayam. Rebus ati dan ampela hingga matang atau kurang lebih 10 menit. Angkat dan dinginkan..
  5. Ati dan ampela ayam yang sudah direbus, dipotong dadu, ukuran disesuaikan selera aja yaa. Goreng ati dan ampela ayam hingga setengah matang atau berkulit. Angkat, tiriskan..
  6. Siapkan bumbu halus, sereh, lengkuas dan daun salam. Tumis bumbu dengan api sedang. Aduk-aduk, masak hingga bumbu harum dan matang..
  7. Masukkan kentang, wortel, ati dan ampela ayam yang sudah digoreng. Aduk-aduk, hingga tercampur bumbu. Tambahkan santan instan..
  8. Tambahkan air, garam dan kaldu bubuk. Aduk-aduk hingga rata tercampur dengan bumbu dan santan. Masak hingga matang atau santan habis..
  9. Sajikan dengan bawang goreng..

Resep Sambal Goreng Ati - Sambal memang masakan yang memiliki banyak sekali kreasi. Bahkan cocok dipadukan dengan bahan makanan apa pun, termasuk ati. Berbahan dasar hati ayam maupun hati sapi, sambal goreng ati menjadi santapan yang sangat lezat untuk dihidangkan di meja makan. Lihat juga resep Sambal Goreng Hati Ampela & Kentang enak lainnya! Sambal goreng ati ampela seakan sudah menjadi tradisi yang turun temurun bagi masyarakat Jawa dan sekitarnya.

0 Response to "Sambal Goreng Ati Ampela Ayam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel