Soto Ayam Sambal Kacang

Soto Ayam Sambal Kacang. Soto Ayam Sambal Kacang bisa jadi pilihan jika Anda menginginkan masakan berkuah hangat. Merasa aneh ketika saya menjumpai Soto di Purwokerto yang menggunakan sambal kacang. Soto ayam is a yellow spicy chicken soup with lontong or nasi himpit or ketupat (all compressed rice that is then cut into small cakes) and/or vermicelli or noodles, it is from Indonesia.

Soto Ayam Sambal Kacang Disini akan dijelaskan cara membuat soto. Sengaja dipilih soto ayam yang sifatnya lebih umum dan bisa diterima oleh banyak orang. Kalau soto, biasanya yang dipilih adalah soto ayam. You can have Soto Ayam Sambal Kacang using 29 ingredients and 8 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Soto Ayam Sambal Kacang

  1. It's 1 kg of ayam.
  2. You need 1/2 kg of kentang.
  3. You need secukupnya of Kecambah.
  4. You need secukupnya of Kol.
  5. It's secukupnya of Tomat.
  6. You need secukupnya of Daun bawang.
  7. Prepare of Telur yang sudah direbus.
  8. Prepare 2 batang of sereh digeprek.
  9. You need 2 ruas jari of lengkuas digeprek.
  10. You need 4 lembar of daun salam.
  11. You need 4 lembar of daun jeruk.
  12. It's 1/2 bungkus of ladaku.
  13. Prepare secukupnya of Royco ayam.
  14. It's secukupnya of Gula pasir.
  15. Prepare secukupnya of Garam.
  16. It's secukupnya of Minyak goreng.
  17. You need 4 liter of air.
  18. It's of Bawang goreng untuk taburan.
  19. Prepare of Bumbu yang dihaluskan :.
  20. Prepare 10 siung of bawang putih.
  21. You need 6 siung of bawang merah.
  22. Prepare 4 buah of kemiri.
  23. It's Seruas of jari kunyit.
  24. You need Seruas of jari jahe.
  25. Prepare of Bahan sambal kacang :.
  26. Prepare 200 gr of kacang tanah.
  27. It's 1 of kerekan kecil gula merah.
  28. You need 15 buah of cabe rawit merah.
  29. Prepare Sedikit of garam.

Sebenarnya variasi soto ada cukup banyak. Haluskan cabai, bawang merah, dan bawang putih. resep soto ayam lamongan, resep soto ayam kuning, resep soto medan, bumbu soto jawa. Soto biasa disajikan dengan nasi, lontong, ketupat, mi, atau bihun dibarengi beberapa jenis lauk, contohnya kerupuk, perkedel, emping, sambal, serta sambal kacang. Kami berikan resepi soto ayam sedap yang paling lengkap dengan resepi dan tips terbaik untuk Dah nak siap dah resepi soto ayam sedap kita ni, tinggal kacang tanah goreng, suhun goreng dan sayur je.

Soto Ayam Sambal Kacang step by step

  1. Ayam dipotong2,cuci bersih kemudian direbus dengan sedikit air,setelah mendidih dan berbuih,angkat,buang airnya dan dicuci lagi,tiriskan..
  2. Masukkan air bersama ayam,sereh,lengkuas,daun salam dan daun jeruk, rebus sampai mendidih..
  3. Panaskan sedikit minyak goreng,tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum,masukkan kedalam rebusan ayam,masukkan juga ladaku,royco ayam, garam dan gula pasir,koreksi rasa,kalau sudah pas rasanya matikan kompor..
  4. Kupas kentang,cuci bersih kemudian potong kecil2 memanjang,lalu digoreng sampai matang,kol dan daun bawang dipotong kecil2,cuci bersih bersama kecambah,tiriskan..
  5. Rendam bihun dengan air panas sampai agak lembut,tomat dicuci bersih terus dipotong tipis..
  6. Berikutnya membuat sambal kacang,haluskan kacang tanah,cabe rawit,gula merah dan sedikit garam,panaskan sedikit minyak goreng,tumis bumbu kacang,beri air sedikit,terus dimasak sampai mendidih dan agak kering airnya,cicipi pas rasanya..
  7. Ambil potongan2 ayam dari kuah soto,kemudian disuwir2,cara menghidangkannya,siapkan mangkok,pertama masukkan bihun,kentang goreng,kol,kecambah,daun bawang,tomat,suwiran ayam,siram dengan kuah soto panas,taburi bawang goreng,tambahkan telur rebus..
  8. Siap dinikmati dengan perasan jeruk nipis,sambal kacang,kecap dan ditemani emping atau krupuk,pasti nyami,selamat mencoba..

Masukkan minyak ke dalam kuali dan kacang sekali gus. Yang membedakan antara soto ayam biasa dengan soto ayam lamongan adalah tambahan serbuk krupuk udang yang biasa disebut sebagai poya. Taburan poya krupuk udang ini ternyata mampu membuat soto asal lamongan ini tampil beda. Lihat juga resep Sambal kacang enak lainnya! Dengan tambahan sambal kacang yang membuat rasanya begitu khas, masyarakat setempat menyebutnya Sroto Sokaraja.

0 Response to "Soto Ayam Sambal Kacang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel