Sop Sapi Khas Betawi

Sop Sapi Khas Betawi. Yang mempopulerkan dan pertama memakai kata Soto Betawi adalah penjual soto di THR Lokasari. Selain daging sapi, jeroan seperti paru, usus, dan babat juga digunakan sebagai bahan baku soto ini. Sop Kikil Sapi / Sop Bening Khas Betawi Kikil Dan Daging Sapi Assalamulaikum cookpaders, sup bening khas betawi ini selain dengan daging, dengan kikil juga ga kalah enak lhoo.

Sop Sapi Khas Betawi Jika Anda berminat mencicipi atau masakan yang satu ini, tak perlu jauh-jauh ke daerah asalnya kok. Karena resep berikut bisa langsung Anda praktek kan sendiri di. Resep Membuat Sop Kaki Kambing Betawi Khas Tanah Abang yang Enak dan Lezat Resep dan Cara Membuat Sop Iga Sapi Bakar yang Paling Enak, Spesial Namun Sederhana About The Author Selain ciri khas tersebut, soto betawi juga menggunakan potongan daging sapi lengkap dengan jeroan sebagai isian layaknya soto Madura dan juga soto Sulung. You can have Sop Sapi Khas Betawi using 23 ingredients and 8 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Sop Sapi Khas Betawi

  1. It's 1 kg of daging sapi (saya campur antara 500gr iga + 500gr daging).
  2. It's 1,5 liter of Air.
  3. It's 1 liter of Susu Full Cream.
  4. You need of @4 Lembar Daun Jeruk Purut dan Daun Salam.
  5. It's 2 Batang of Sereh, geprek.
  6. Prepare 5 cm of lengkuas, geprek.
  7. You need 2 sdm of minyak untuk menumis bumbu halus.
  8. You need secukupnya of Garam.
  9. You need secukupnya of Penyedap rasa sapi (saya pakai merk royco).
  10. You need of bumbu halus.
  11. It's 6 Siung of Bawang Putih.
  12. You need 6 Siung of Bawang merah.
  13. It's 4 cm of kayu manis.
  14. It's 3 butir of cengkih.
  15. You need 3 butir of kemiri.
  16. Prepare 3 butir of kepulaga.
  17. Prepare 3 cm of jahe.
  18. Prepare 1 sdm of merica.
  19. Prepare of bahan pelengkap.
  20. It's of Bawang goreng.
  21. Prepare of Sambal, jeruk limau.
  22. Prepare of Kerupuk emping.
  23. It's Irisan of daun bawang, irisan tomat.

Tak hanya jeroan, soto betawi juga seringkali memakai organ-organ lainnya seperti mata, torpedo, dan hati sapi. Penggunaan organ lain pada soto tentu saja sesuai permintaan si pembeli. Betawi memang memiliki ragam kuliner lezat yang mampu membuat pecinta kuliner jatuh hati. Dengan resep berikut ini, sop iga sapi khas betawi bisa langsung Anda buat sendiri di rumah, tanpa harus jauh-jauh ke daerah asalnya untuk mencicipi masakan tersebut.

Sop Sapi Khas Betawi step by step

  1. Potong daging sapi kecil kecil..
  2. Rebus daging kira-kira 10 menit, buang rebusan air untuk menghilangkan lemak..
  3. Masak 1 liter air dan setelah mendidih. masukan daging..
  4. Rebus kembali daging dengan 1,5 lt air sampai daging cukup empuk. Biasanya akan memakan waktu sampai 1 s/d 1,5 jam, kalau menggunakan panci biasa. Saya pakai panci presto selama 30 menit..
  5. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai matang dan harum. Tumisnya dlm panci ya, atau ketel ukuran besar..
  6. Masukkan sereh dan lengkuas yg sudah digeprek, daun salam dan jeruk.
  7. Ambil 1 lt air rebusan kuah sapi dan 1 lt susu full cream, masukkan ke dlm tumisan bumbu halus td. Lalu aduk sampai rata. Tambahkan garam dan penyedap rasa sapi secukup nya. Aduk2 lagi sampai mendidih. Test rasa. Kalau udh pas, matikan kompor..
  8. Silahkan sajikan potongan-potongan daging yang sudah masak td kedlm mangkok, bersama irisan tomat. Tuangkan kuah sop sapi sampai memenuhi mangkok. Tambahkan bawang goreng dan daun bawang. Tambahkan emping. Potong 1 buah Jeruk Limau dan peraskan diatas mangkok. Tambahkan sambal sesuai selera.

Resep dan Cara Membuat Sop Iga Sapi Betawi yang Enak, Sederhana dan Lezat Aneka Resep Sop Daging Hidangan nusantara memang terdiri dari berbagai macam masakan dan kuliner yang dibuat dari berbagai bahan makanan yang tersaji menjadi sebuah sajian lezat yang memiliki cita rasa tersendiri yang begitu asli dan nikmat. Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara. Soto betawi terkenal dengan rasa kuahnya yang gurih merupakan perpaduan dari santan susu, daging sapi, dan jeroan. Ditambah lagi dengan perasan jeruk limau. duh, bisa ngiler. Resep masakan sop kaki sapi sederhana enak.

0 Response to "Sop Sapi Khas Betawi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel